Macam dan Jenis Label Barcode


Apakah kegunaan label barcode? dan Apa sajakah jenis label barcode? Baik!! Pertanyaan pertanyaan tersebut akan coba kita jawab melalui artikel berikut,

Sebelumnya mari kita bahas dari awal terlebih dahulu tentang pengertian Label barcode, atau stiker barcode

ilustrasi gambar Label Barcode

Label barcode merupakan suatu media yang digunakan untuk mencetak barcode dengan menggunakan printer khusus, yaitu Printer Barcode. Pada jenis label tertentu sudah terdapat perekat (adhesive) sehingga terlihat seperti stiker pada umumnya, label tersebut dikemas dalam bentuk gulungan dengan berbagai macam ukuran.

Setelah mengerti tentang label barcode, berikutnya adalah mengetahui beberapa macam dan jenis label barcode yang umum beredar di pasaran, seperti berikut ini :


Label Semi coated
Merupakan label berbahan dasar kertas biasa yang memiliki lapisan(coated) pada permukaannya, sehingga terlihat lebih halus dan sedikit mengkilat. selain membuat tampilan lebih baik, lapisan pada kertas tersebut berfungsi sebagai pelindung agar kertas tetap awet, tidak mudah kotor karena debu, dan menjaga dari cipratan air.

Penggunaan Label Semi coated pada printer barcode membutuhkan tinta atau ribbon berjenis Wax Ribbon.


Label Vallum
Label valum merupakan jenis label uncoated atau tidak memiliki lapisan pada permukaan kertas, sehingga terlihat agak buram dan lebih rentan bila dibanding bahan semicoated. selain tersebut diatas bahan vallum memiliki karakteristik yang sama dengan bahan semicoated.

Penggunaan Label vallum pada printer barcode membutuhkan tinta atau ribbon berjenis Wax Ribbon.


Label Art Carton
Label art karton adalah label  bertahan kertas karton yang memiliki lapisan khusus (coated) sehingga membuat kertas karton menjadi lebih halus, licin dan terlihat mengkilat.

Pada label art carton tidak terdapat adhesive (perekat) karena penggunaan art carton lebih cenderung untuk hang tag, atau sebagai bandrol harga dan merek pada suatu produk

Penggunaan Label Art carton pada printer barcode membutuhkan tinta atau ribbon berjenis Wax Ribbon.


Label Thermal
Label Thermal merupakan label dengan bahan kertas khusus yang mengandung zat kimia, bahan tersebut akan bereaksi ketika terkena panas, sehingga kertas akan memunculkan bentuk gambar sesuai bagian yang terpapar panas.

Penggunaan Label Thermal pada printer barcode tidak membutuhkan tinta atau ribbon, karena menggunakan metode Direct Thermal pada Printer Barcode.


Label Yupo
Label Yupo adalah jenis label sintetis yang memiliki sifat dari kertas dan plastik, daya tahan label Yupo sangatlah kuat, tidak bisa sobek, tahan terhadap berbagai cuaca. label yupo sering dipakai untuk label farmasi dan produk lain yang lebih mengutamakan ketahanan label

Label Yupo memiliki penampilan yang baik, halus dan terlihat agak mengkilat (semi gloss) sehingga banyak juga yang menggunakan label Yupo untuk dijadikan Banner, karena sesuai juga dengan kondisi ketahanan Yupo yang bisa digunakan diluar ruangan maupun didalam ruangan

Penggunaan Label Yupo pada printer barcode membutuhkan tinta atau ribbon berjenis Wax-Resin Ribbon

Label Vinyl
Label vinyl merupakan label sintetis yang mengandung bahan plastik, bahan vinyl memiliki tampilan yang menarik karena bahan tersebut bisa diproduksi dalam bentuk transparan maupun dalam berbagai warna. 

Pada umumnya label bahan vinyl digunakan untuk produk label kosmetik, food & baverage, produk rumah tangga maupun produk industri lainnya.

Penggunaan Label Vinyl pada printer barcode membutuhkan tinta atau ribbon berjenis Wax-Resin Ribbon


Label Polyester
Bahan Polyester adalah produk sintetis yang mengandung banyak bahan polymer plastik, sehingga polyester memiliki sifat yang kuat dan awet seperti plastik, tahan terhadap cuaca dan juga tahan apabila terkena tumpahan cairan minyak maupun cairan yang mengandung bahan kimia.

Label Polyester atau bisa disebut juga dengan label PET memiliki tampilan yang halus dan glossy, pada umumnya label polyester diproduksi dengan warna Silver dan Putih.

Penggunaan Label Polyester pada printer barcode membutuhkan tinta atau ribbon berjenis Resin Ribbon






Komentar