Perbedaan Direct Thermal dan Transfer Thermal pada Printer Barcode

Printer barcode memudahkan pengguna nya untuk mencetak Barcode pada media Stiker, Label, Carton, dan beberapa bahan lainnya. dengan proses yang lebih mudah, kita bisa mencetak langsung beberapa ratus lembar barcode bahkan ribuan sesuai desain yang kita inginkan. manfaat barcode sendiri yaitu untuk memudahkan dalam melakukan stok ataupun proses pendataan lainnya.


Penggunaan Printer Barcode bukan hanya dipakai oleh Perusahaan besar maupun Industri, banyak beberapa kalangan yang juga menggunakan Printer Barcode ini sebagai penunjang untuk usahanya, seperti toko kelontong, kantor, mini market atau usaha kecil lainnya yang sudah menggunakan printer barcode sebagai alat pencetak label stiker barcode.


Pada umumnya sebuah toko memiliki barang yang jumlahnya banyak dan jenis yang berbeda pula, fungsi barcode tersebut diperlukan untuk memudahkan bertransaksi, biasanya dalam sebuah Produk atau barang sudah memiliki Barcode(kode batang) yang tertempel pada kemasan dan bagi yang belum ada barcodenya kita bisa membuatnya dengan printer barcode. 


Teknologi printer barcode bermacam macam, pada umumnya sebuah printer barcode memiliki dua methode dalam proses mencetak, yaitu:




Apakah Direct Thermal dan Transfer Thermal??
Direct Thermal : Proses direct atau langsung pada metode printer barcode ini berarti tanpa menggunakan ribbon (pita/pewarna untuk mencetak). media yang digunakan adalah kertas Thermal, dan pada prosesnya printer barcode menggunakan head atau sensor pemanasnya unuk mencetak bahan dengan media Thermal(kertas/stiker thermal).


Thermal Transfer: Pada metode transfer dibutuhkan Ribbon untuk menghasilkan cetakan atau memberikan warna pada stiker. proses ini lebih banyak dipakai karena mengurangi kerja Pemanas pada Printer Barcode dan lebih hemat bila dibandingkan dengan menggunakan bahan Thermal yang lebih mahal.
Beberapa Merek printer Barcode bersaing dalam memberikan berbagai macam keunggulan dengan tampilan menarik pada produknya sebagai daya pemikat bagi para calon konsumen.


Komentar