Pengertian POINT OF SALE

Point Of Sale System 

gambar ilustrasi point of sale

Point of Sale adalah merupakan suatu transaksi Penjualan dimana Pembeli dan Penjual bertemu di suatu tempat, umumnya pada sebuah toko, restoran atau tempat perbelanjaan untuk melakukan transaksi pejualan atau pembelian.

Pengertian dari POS (Point Of Sale) adalah merupakan suatu metode untuk memudahkan dalam hal bertransaksi, yaitu suatu bentuk sistem yang digunakan oleh Perusahaan perkantoran, super market ataupun usaha lainnya untuk melakukan sebuah transaksi dengan lebih mudah, cepat dan aman.

Sistem dari Point Of Sale itu sendiri sudah mengalami perubahan mengikuti perkembangan teknologi, dari yang semula adalah sebuah mesin hitung kecil atau kalkulator yang mengeluarkan hasil transaksi berupa nota atau struk bukti pembelian. adapun Cash Register yang merupakan suatu mesin semacam kalkulator yang dilengkapi laci uang dan pencetak bukti pembelian, struk dengan fungsi yang sama.

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, fungsi cash register kurang memenuhi kebutuhan untuk usaha yang memerlukan detail laporan rugi laba, stok barang, dan kebutuhan custom lainnya. ada sebagian merek cash register yang kini juga menambahkan beberapa fitur untuk melengkapi permintaan konsumen, meskipun penggunaan cash register lebih banyak digunakan oleh usaha menengah yang tidak membutuhkan detail laporan penjualan maupun stok barang.
 

 
Point Of Sale atau  bisa disingkat POS sering digunakan untuk membantu Pengelola Bisnis atau Pemilik Usaha dalam hal mempermudah Bertransaksi dengan Pelanggannya, mendata stok/inventori barang, mengetahui laporan penjualan dan profit yang bisa kita atur baik per hari, mingguan, bulanan bahkan setiap tahun, fungsi lain dari POS termasuk mencakup dalam hal segi keamanan dalam bertransaksi maupun mendata stock barang.

Pengertian lain dari POS(Point Of Sale) adalah Metode penggabungan perangkat Keras(Hardware) dan Lunak(Software) yang membentuk suatu sistem untuk memudahkan dalam hal bertransaksi dengan Pelanggan, pada umumnya POS digunakan pada suatu Perusahaan Perkantoran, Super/mini market, Restaurant, Hotel atau usaha lainnya.

Point of sale juga sering biasa disebut dengan istilah lain seperti Mesin Kasir,Program Kasir, Program Toko,Inventory system, Aplikasi toko, Retail system dan lainnya, yang pada dasarnya sama dengan fungsi fungsi yang sama pula, yaitu untuk memudahkan kasir dalam hal bertransaksi dengan pelanggan

Media Point Of Sale dibutuhkan beberapa perangkat, seperti PC/Komputer atau laptop, Printer Kasir, Laci uang(Cash Drawer), Scanner barcode, Pole display, MSR(Magnetic Stripe Reader) dan Software pastinya. ada juga  beberapa PC Touch screen yang sudah dilengkapi dengan beberapa perangkat tersebut diatas atau biasa disebut PC POS yang lebih memberikan kecanggihan dan lebih praktis, atau sebuah Monitor PC Touch screen yang sudah dilenggkapi dengan Software POS, dan harganya pun lebih mahal tentunya.

Thank You!!


Komentar